Pengadaan PNS adalah untuk mengisi formasi yang lowong baik karena adanya PNS yang keluar karena berhenti atau adanya perluasan organisasi.
   
 
PENGANGKATAN SEBAGAI CALON PNS
 
 
Pelamar yang ditetapkan diterima, wajib melengkapi dan menyerahkan kelengkapan administratif kepada pejabat pembina kepegawaian, yaitu :
 
 
1.
Foto copy ijazah/STTB yang disahkan oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan keputusan Menteri yang bertanggung jawab dibidang pendidikan nasional.
2.
Daftar Riwayat Hidup
3.
Pas Foto ukuran 3 X 4 sebanayk 6 (enam) lembar
4.
Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari Polres
5.
Surat keterangan sehatan jasmani dan rokhani serta bebas narkoba dari dokter pemerintah
6.
Asli kartu pencari kerja dari Kantor Departemen/Dinas Tenaga Kerja
7.
Surat pernyataan tentang :
 
a.
Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan Pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan
b.
Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai peagwai swasta.
c.
Tidak berkedudukan sebagai calon/Pegawai Negeri
d.
Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah.
e.
Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik. Bagi yang sebelumnya menjadi pengurus dan atau anggota politik, harus melampirkan surat pernyataan telah melepaskan kepengurusan dan atau keanggotaan dari partai politik yang diketahui oleh pengurus partai politik yang bersangkutan.
f.
Foto Copy sah surat keputusan tentang pengalaman bagi yang telah mempunyai pengalaman bekerja.
 
 
Apabila salah satu syarat sebagaimana tersebut dalam angka 1 - 7 tidak dapat dipenuhi, maka yang bersangkutan tidak dapat diusulkan untuk dapat diangkat sebagai CPNS
 
 
Pejabat pembina kepegawaian menyampaikan daftar pelamar yang dinyatakan lulus ujian penyaringan dan ditetapkan diterima untuk diangkat sebagai calon PNS kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara untuk mendapat nomor identitas PNS.
Dalam menyampaiakan daftar permintaan nomor identitas PNS tersebut dilengkapi dengan lampiran :
 
 
1.
Formulir penetapan NIP dalam rangkap 4 (empat) yang masing-masing ditempel pas foto ukuran 3 X 4 cm
2.
Photo copy ijazah/STTB yang telah disahkan 1 (satu) lembar.
3.
Daftar Riwayat Hidup ditempel pas foto, 1 (satu) lembar
4.
Salinan sah surat keputusan pengalaman masa kerja bagi yang memiliki pengalaman masa kerja.
 
 
Kepala Badan Kepegawaian Negara memberikan nomor identitas Pegawai Negeri Sipil bagi yang memenuhi syarat, sedangkan yang tidak memenuhi syarat tidak diberikan nomor identitas pegawai dan berkasnya dikembalikan kepada pejabat pembina kepegawaian yang bersangkutan.
 
 
Berdasarkan nomor identitas PNS, maka pejabat pembina kepegawaian menetapkan keputusan pengangkatan yang bersangkutan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dalam masa percobaan.
 
 
Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dilakukan dalam tahun anggaran yang berjalan. Penetapan berlakunya pengangkatan sebagai CPNS ditetapkan terhitung mulai tanggal (TMT) 1 (satu) bulan berikutnya setelah pemberian nomor identitas pegawai (NIP).
 
 
Surat keputusan pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil ditetapkan selambat-lambatnya 1 (satu) tahun setelah tanggal pemberian NIP dan apabila lebih dari 1 (satu) tahun belum ditetapkan keputusan pengangkatannya maka NIP tersebut dinyatakan tidak berlaku.
 
 
Asli Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil disampaikan kepada yang bersangkutan dan tembusannya disampaikan kepada kepala BKN u.p. Deputi Bidang Informasi Kepegawaian/Kepala Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara, Kepala Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara/Biro/Bagian Keuangan Daerah serta pejabat lain yang dipandang perlu.
 
 
Surat Keputusan pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil harus disampaikan langsung kepada yang bersangkutan yang dilakukan dengan surat panggilan ke alamat yang bersangkutan.
 
 
Penyampaian surat keputusan pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil harus disertai dengan bukti tanda terima yang bersangkutan.
 
 
Selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) bulan sejak diterimanya surat Keputusan Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil, yang bersangkutan wajib melaksanakan tugas pada unit kerja yang ditentukan.
 
 
   
   

Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Kabupaten Sidoarjo